RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program
Pendidikan, meliputi:
Nama Sekolah : SMK YPE SAMPANG
Mata Pelajaran :
MATEAMTIKA
Kompetensi Keahlian :
SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas / Semester :
XI / 4
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Alokasi Waktu : : 12 X 45 menit (6 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan
|
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
|
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada
dimensi tiga
|
4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1) Indikator Pencapaian Kompetensi pengetahuan
1.
Mendefinisikan pengertian besaran vektor dimensi 3
2.
Menjelaskan bagian-bagian dari vektor dimensi 3
3.
Menjelaskan pengertian simbol vektor kejadian dimensi 3
4.
Menentukan jumlahan dua
vektor dimensi 3
5.
Menentukan hasil kali vektor dengan bilangan
skalar dimensi 3
2) Indikator Pencapaian Kompetensi Ketrampilan
1.
Mempresentasikan hasil
menghitung jumlahan dua vektor dimensi 2
2.
Mempresentasikan hasi perhitungan l kali vektor dengan
bilangan skalar dimensi 2
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
1.
Mendefinisikan pengertian besaran vektor dimensi 3
dengan jelas, tegas dan benar
2.
Menjelaskan bagian-bagian dari vektor dimensi 3 dengan
teliti dan benar
3.
Menjelaskan pengertian simbol vektor dimensi 3dengan
teliti dan benar
4.
Menentukan resultan dua vektor dimensi 3dengan teliti
dan benar
5.
Menentukan jumlahan dua
vektor dimensi 3dengan teliti dan benar
6.
Mengalikan dua vektor dimensi 3dengan teliti dan benar
7.
Menentukan hasil kali vektor dengan bilangan
skalar dimensi 3 dgn teliti dan bnr
8.
Mempresentasikan hasil
menghitung jumlahan dua vektor dimensi 3 dengn tlt
9.
Menentukan sudut dua vektordimensi 3 dengan teliti dan
benar
10. Menentukan
ortogonitas dua vektor yang hasil kalinya sama dengan nol dg nbnr
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian vektor dimensi dua (vektor
R-2)
2. Bentuk –bentuk vektor dimensi 3
3. Jumlahan vektor dimensi 3
4. Pengurangan vektor dimensi 3
5. Perkalian vektor dimensi 3 dengan
bilangan skalar
6. Perkalian dua vektor dimensi 3
7. panjang vektor dimensi 3 dengan menggunakan cara grafis
8. Penjang vektor dimensi 3dengan rumus
aturan cosinus
9. Sudut yang dibentuk oleh dua vektor
dimensi 3
10. Ortogonitas
F. Pendekatan, Strategi dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi/Model : Problem Based Learning
Metode : diskusi, menggali informasi, tanya jawab,
presentasi
G. Alat/bahan dan Media Pembelajaran
1. Alat/bahan : Komputer, LCD
2. Media Pembelajaran : Power Point, Handout
3.
Sumber Belajar
-
Buku paket Matematika SMA/MASMK/MAK
Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
-
Brosing internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
matriks
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang ngertyian vektor dan jumlahan dua vektor
dimensi 3
-
Guru
membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami
sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang ngertyian vektor dan jumlahan dua vektor
dimensi 3
- Masing-masing kelompok
mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang vektor dimensi 3 yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi vektor dimensi 3
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang vektor
dimensi 3
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-2
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
matriks
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang ngertian vektor dan jumlahan tiga vektor dimensi
3
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang ngertyian vektor dan jumlahan tiga vektor
vektor vektor dimensi 3
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang ngertyian vektor dan jumlahan tiga vektor vektor
vektor dimensi 3
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang ngertyian vektor dan jumlahan
tiga vektor vektor vektor dimensi 3yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran ngertyian vektor dan jumlahan tiga vektor vektor vektor dimensi 3
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi ngertyian vektor dan jumlahan
tiga vektor vektor
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang ngertyian
vektor dan jumlahan tiga vektor
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-3
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
matriks
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang pengurangan vektor
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang pengurangan vektor
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang pengurangan vektor
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang pengurangan vektor yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran pengurangan vektor
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi pengurangan vektor
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang pengurangan
vektor
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-4
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
matriks
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang perkalian vektor dengan skalar
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang perkalian vektor dengan skalar
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang perkalian vektor dengan skalar
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang perkalian vektor dengan skalar
yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran perkalian vektor dengan skalar
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi perkalian vektor dengan skalar
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang perkalian
vektor dengan skalar
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-5
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih bahan
bacaan tentang sub kopetensi perkalian
vektor dengan dua vektor yang dijumlahkan
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang perkalian vektor dengan dua vektor yang
dijumlahkan
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang perkalian vektor dengan dua vektor yang
dijumlahkan
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang perkalian vektor dengan dua vektor yang dijumlahkan
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang perkalian vektor dengan dua
vektor yang dijumlahkan yang telah
dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran perkalian vektor dengan dua vektor yang dijumlahkan
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi perkalian vektor dengan dua
vektor yang dijumlahkan
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang perkalian
vektor dengan dua vektor yang dijumlahkan
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-6
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
||
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih bahan
bacaan tentang sub kopetensi vektor
dalam bentukposisi, vektor komponen dan vektor kombinasi liner
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang vektor dalam bentukposisi, vektor
komponen dan vektor kombinasi liner
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang vektor dalam bentukposisi, vektor komponen
dan vektor kombinasi liner
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang vektor dalam bentukposisi, vektor komponen dan
vektor kombinasi liner
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
||
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang vektor dalam bentukposisi,
vektor komponen dan vektor kombinasi liner yang
telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran vektor dalam bentukposisi, vektor komponen dan vektor kombinasi liner
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi vektor dalam bentukposisi,
vektor komponen dan vektor kombinasi liner
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang vektor
dalam bentukposisi, vektor komponen dan vektor kombinasi liner
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
I. Penilaian
Pembelajaran
a. Teknik : Non
Test dan Test
b. Bentuk :
-
Penilaian pengetahuan : Tes tertulis uraian (Terlampir )
-
Penilaian keterampilan : Kegiatan mencatat transaksi penjualan
kredit, wesel dan angsuran) (Terlampir)
c.
Pembelajaran Remedial danPengayaan:
§ Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
§ Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar peserta didik sudah mencapai KKB, tetapi peserta didik belum puas
dengan hasil belajar yang dicapai.
Mengetahui
Kepala SMKYPE SAMPANG
DWI FENI INDARTI, SE
NIY. 5119
|
Sampang,
11 Juni 2018
Guru Mata
Pelajaran
MARJAN, S.IP, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar