Selasa, 30 Juli 2019

RPP DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


A.   Identitas Program Pendidikan, meliputi:

Nama Sekolah            : SMK YPE SAMPANG
Mata Pelajaran           : MATEAMTIKA
Kompetensi Keahlian   :  SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas / Semester        : XI / 1
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu           : 12 X 45 menit (6 pertemuan)

B.    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
       Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3

4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordO 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1) Indikator Pencapaian Kompetensi pengetahuan
1.    Mendefinisikan pengertian determinan
2.    Menghitung determinan matriks ordo 2
3.    Mehitung determinan matriks ordo 3
4.    Menentukan transpose matrik ordo 3 x 3
5.    Menentukan transpose
6.    Memenentukan minor matriks
7.    Menentukan kovaktor matriks
8.    Menentukan matriks kovaktor
9.    Menentukan adjoin matriks
10. Menuliskan rumus invers matriks
11. Menentukan invers matriks  ordo 2 x 2

2) Indikator Pencapaian Kompetensi Ketrampilan
1.    Mempresentasikan hasil Menghitung determinan matriks ordo 2
2.    Mempresentasikan hasil Mehitung determinan matriks ordo 3
3.    Mempresentasikan hasil Menentukan transpose matrik ordo 3 x 3
4.    Mempresentasikan hasil Menentukan transpose
5.    Mempresentasikan hasil Memenentukan minor matriks
6.    Mempresentasikan hasil Menentukan kovaktor matriks
7.    Mempresentasikan hasil Menentukan matriks kovaktor
8.    Mempresentasikan hasil Menentukan adjoin matriks
9.    Mempresentasikan hasil Menuliskan rumus invers matriks
10. Mempresentasikan hasil Menentukan invers matriks  ordo 2 x 2

D.    Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
1.   Mendefinisikan pengertian determinan dengan tegas, jelas dan benar
2.   Menghitung determinan matriks ordo 2 dengan teliti dan benar
3.    Mehitung determinan matriks ordo 3 teliti dan benar
4.    Menentukan transpose matrik ordo 3 x 3  teliti dan benar
5.    Menentukan transpose teliti dan benar
6.    Memenentukan minor matriks teliti dan benar
7.    Menentukan kovaktor matriks teliti dan benar
8.    Menentukan matriks kovaktor teliti dan benar
9.    Menentukan adjoin matriks teliti dan benar
10. Menuliskan rumus invers matriks teliti dan benar
11. Menentukan invers matriks  ordo 2 x 2 teliti dan benar
12.Mempresentasikan hasil Menghitung determinan ma teliti dan benar triks ordo 2
13.   Mempresentasikan hasil Mehitung determinan matriks ordo 3 teliti dan benar
14.   Mempresentasikan hasil Menentukan transpose matrik ordo 3 x 3 teliti dan benar
15.   Mempresentasikan hasil Menentukan transpose teliti dan benar
16.   Mempresentasikan hasil Memenentukan minor matriks teliti dan benar
17.   Mempresentasikan hasil Menentukan kovaktor matriks teliti dan benar
18.   Mempresentasikan hasil Menentukan matriks kovaktor teliti dan benar
19.   Mempresentasikan hasil Menentukan adjoin matriks teliti dan benar
20.   Mempresentasikan hasil Menuliskan rumus invers matriks teliti dan benar
21. Mempresentasikan hasil Menentukan invers matriks  ordo 2 x 2 teliti dan benar 

E.    Materi Pembelajaran
1. Pengertian determinan
2.Rumus determinan matriks ordo 2
3. Adnjoin Matriks
4. Matiks Identitas
5. Minor matriks
6. Kovaktor Matriks
7. Matriks konvaktor
8. Invers matriks



F.    Pendekatan, Strategi dan Metode
       Pendekatan                          :      Scientific
       Strategi/Model                    :      Problem Based Learning
       Metode                                :      diskusi, menggali informasi, tanya jawab, presentasi

G.   Alat/bahan dan Media Pembelajaran
       1. Alat/bahan                     : Komputer, LCD
       2. Media Pembelajaran       :      Power Point, Handout
       3. Sumber Belajar
-      Buku paket Matematika SMA/MASMK/MAK  Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
-      Brosing internet


H.   Kegiatan Pembelajaran

       Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang determinan matriks ordo 2 dan 3
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang determinan matriks ordo 2 dan 3
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3

KEGIATAN PENUTUP

1.     Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3 yang telah dipelajari.
2.     Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3

3.     Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3
4.     Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang determinan matriks ordo 2x2 dan 3x3

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit

Pertemuan ke-2
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2
-    Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2

KEGIATAN PENUTUP

1.        Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2 yang telah dipelajari.
2.        Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2

3.        Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2
4.        Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang minor dan kovaktor matriks ordo 2 x2

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit

Pertemuan ke-3
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang minor dan kovaktor matriks ordo 3x3
-    Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang minor dan kovaktor matriks ordo 3x3
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang minor dan kovaktor matriks ordo 3x3

KEGIATAN PENUTUP

1.        Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang minor dan kovaktor matriks ordo 3x3 yang telah dipelajari.
2.        Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran minor dan kovaktor matriks ordo 3x3

3.        Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi minor dan kovaktor matriks ordo 3x3
4.        Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang minor dan kovaktor matriks ordo 3x3

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit


Pertemuan ke-4
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3
-    Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3 yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3

3.        Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3
4.        Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang adjoin matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit




Pertemuan ke-5
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi invers matriks ordo 2x2
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang invers matriks ordo 2x2
-    Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang invers matriks ordo 2x2
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang invers matriks ordo 2x2

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang invers matriks ordo 2x2 yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran invers matriks ordo 2x2

3.        Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi invers matriks ordo 2x2
4.        Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang invers matriks ordo 2x2

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit


Pertemuan ke-6
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi invers matriks ordo 3x3
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang invers matriks ordo 3x3
-    Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang invers matriks ordo 3x3
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang invers matriks ordo 3x3

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang invers matriks ordo 3x3 yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran invers matriks ordo 3x3

3.        Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi invers matriks ordo 3x3
4.        Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang invers matriks ordo 3x3

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit


I.     Penilaian Pembelajaran
a.   Teknik : Non Test dan Test
b.   Bentuk :
-          Penilaian pengetahuan    : Tes tertulis uraian (Terlampir )
-          Penilaian keterampilan   : Kegiatan mencatat transaksi penjualan kredit, wesel dan angsuran) (Terlampir)
c.   Pembelajaran Remedial danPengayaan:
§  Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
§  Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKB, tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.



Mengetahui
Kepala SMK ...................




............................., ...................  2017
Guru Mata Pelajaran,







      

LAMPIRAN 1
CATATAN
A.    CATATAN GURU
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
B.    CATATAN KEPALA SEKOLAH
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
C.    CATATAN PENGAWAS
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------





Lampiran 2
MATERI PEMBELAJARAN
Pada Aljabar, determinan matriks dapat diartikan sebagai nilai yang mewakili sebuah matriks bujur sangkar. Simbol nilai determinan matriks A biasanya dinyatakan sebagai det(A) atau \left| A \right|. Cara menghitung determinan matriks tergantung ukuran matriks bujur sangkar tersebut. Cara menghitung nilai determinan dengan ordo 3 akan berbeda dengan cara menghitung matriks bujur sangkar dengan ordo 2.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menghitung determinan di bawah.

Determinan Matriks Ordo 2 x 2
Seperti yang kita idschool sudah ketahui, matriks ordo 2 dinyatakan seperti bentuk di bawah.
    \[ \textrm{A} \; = \; \begin{bmatrix} a & b \\ c & d \end{bmatrix} \]
Nilai determinan A disimbolkan dengan \left| A \right|, cara menghitung nilai determinan A dapat dilihat seperti pada cara di bawah.
    \[ det(A) \; = \; \left| A \right| = ad - bc \]

Contoh Soal:
Tentukan nilai determinan matriks
    \[ A \; = \; \begin{bmatrix} 3 & 1 \\ 2 & 5 \end{bmatrix} \]
Pembahasan:
    \[ \left| A \right| = ad - bc = 3 \cdot 5 - 1 \cdot 2 = 15 - 2 = 13\]

Determinan Matriks Ordo 3 x 3
Matriks Ordo 3 adalah matriks bujur sangkar dengan banyaknya kolom dan baris sama dengan tiga. Bentuk umum matriks ordo 3 adalah sebagai berikut.
    \[ \textrm{A} \; = \; \begin{bmatrix} a & b & c \\ d & e & f \\ g & h & i \end{bmatrix} \]
Cara menghitung determinan pada matriks dengan ordo tiga biasa disebut dengan Aturan Sarrus. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan pada gambar di bawah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar