RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK YPE Sampang
Kelas/
Semester : XI/ 4
Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Materi
Pokok : Persamaan Lingkaran
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit (4 kali
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI-3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Penapaian Kompetensi
1.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi
dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah.
2.2
Mampu mentransformasi diri dalam
berperilaku jujur, tangguh, menghadapi masalah, kritis, dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar matematika
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.4 Mendeskripsikan
konsep persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran
dengan menggunakan metode koordinat
Indikator:
3.4.1 Menentukan konsep persamaan lingkaran
3.4.2 Menentukan sifat garis singgung lingkaran
dengan menggunakan metode koordinat
3.5 Mendeskripsikan
konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan
umum lingkaran dengan metode koordinat
Indikator:
3.5.1 Menentukan kurva lingkaran dengan titik
pusat tertentu
4.2 Mengolah
informasi dari suatu masalah nyata, mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat
lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa
persamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut
Indikator:
4.2.1 Membuat model matematika dari suatu
masalah nyata
4.2.2 Memecahkan masalah terkait dengan
persamaan lingkaran
4.3 Merancang
dan mengajukan masalah nyata terkait garis singgung lingkaran serta
menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai
konsep lingkaran
Indikator:
4.3.1 Memecahkan masalah terkait dengan garis
singgung lingkaran dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan konsep
lingkaran
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar, diskusi,
mengasosiasi serta mengomunikasikan, sehingga siswa dapat:
1.
Menentukan konsep persamaan lingkaran dengan teliti dan benar
2.
Menentukan sifat garis singgung
lingkaran dengan menggunakan metode koordinat
3.
Menentukan kurva lingkaran dengan titik
pusat tertentu dengan
teliti dan benar
4.
Membuat model matematika dari suatu
masalah nyata dengan
teliti dan benar
5.
Memecahkan masalah terkait dengan
persamaan lingkaran
6.
Memecahkan masalah terkait dengan garis
singgung lingkaran dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan konsep
lingkaran dengan
teliti dan benar
D. Materi Pembelajaran
Materi
Prasyarat:
1.
Teorema
Pythagoras.
Materi Inti:
1.
Kedudukan
lingkaran pusat O(0,0) dan jari-jari r
pada bidang koordinat cartesius.
2.
Kedudukan
lingkaran pusat P(a,b) dan jari-jari r
pada bidang koordinat cartesius.
3.
Garis singgung
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Discovery
based learning
3.
Metode : Diskusi
kelompok dan penugasan
F. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat :
LCD,
laptop, papan tulis, spidol, jangka, penggaris
2. Sumber
Belajar : Buku
guru Matematika kelas XI, Buku siswa matematika XI diterbitkan Depdikbud.
Lingkungan, Internet
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2 (4 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memimpin do’a (Meminta seorang siswa untuk memimpin do’a)
2.
Mengecek kehadiran siswa dan
meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan,
misalnya buku siswa
3.
Siswa menerima informasi tentang
KD, indikator serta tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
4.
Guru mengapresiasi siswa dengan
menampilakan gambar-gambar yang berupa lingkaran dan memberikan motivasi ke
siswa tentang manfaat mempelajari materi lingkaran yang dapat di aplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Secara individu, siswa mengamati bahan presentasi dari guru tentang
bentuk lingkaran dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Secara individu, siswa mengamati bahan presentasi dari guru tentang konsep lingkaran dan persamaan lingkaran
Menanya
3.
Siswa berdiskusi dan melakukan
tanya jawab tentang permasalahan yang disajikan oleh guru
4.
Siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan
dan mempertanyakan tentang hal-hal yang belum diketahui dari apa yang diamati
untuk ditindaklanjuti pada kegiatan mencari informasi
Mengumpulkan
informasi
5.
Siswa membaca literatur dan berdiskusi
untuk menentukan konsep dan bentuk persamaan lingkaran
6.
Siswa mengeksplorasi tentang
konsep dan persamaan lingkaran serta penerapannya dalam memecahkan masalah
terkait dengan persamaan lingkaran
Mengasosiasi
7.
Melalui berbagai literatur
dan diskusi dengan kelompok masing-masing, siswa dapat menentukan konsep dan
persamaan lingkaran serta penerapannya dalam memecahkan masalah terkait
dengan persamaan lingkaran
8.
Guru berkeliling dan
mencermati siswa dalam bekerja. Apabila siswa mengalami kesulitan siswa
mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru
9.
Guru menilai sikap siswa saat
pembelajaran
Mengkomunikasikan
10.
Dari tiap-tiap kelompok
mewakilkan 1 anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
11.
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari
kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok
penyaji dengan sopan.
12.
Guru melibatkan siswa mengevaluasi
jawaban kelompok penyaji serta masukan dari siswa yang lain dan membuat
kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan siswa sudah benar
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru
yang sifatnya menuntun dan menggali
2. Siswa
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
3. Guru
memberikan tugas mandiri untuk mengerjakan soal latihan tentang persamaan
lingkaran
4. Guru
memberikan pesan untuk tetap belajar ke siswa.
|
15 menit
|
Pertemuan 3 (2 x 45
menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Memimpin do’a (meminta seorang siswa untuk memimpin do’a)
2. Mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk menyiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, misalnya buku siswa.
3. Guru mereview dan menagih tugas yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya
4. Apabila siswa mengalami kesulitan pada tugas yang diberikan pada
pertemuan sebelumnya, guru beserta siswa membahas masalah yang dihadapi
bersama-sama
5. Siswa menerima informasi tentang kompetensi,
tujuan, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati literatur tentang
kedudukan titik dan garis pada lingkaran
2.
Siswa mengamati contoh-contoh
yang terdapat pada literatur tentang kedudukan titik dan garis pada lingkaran
Menanya
3.
Siswa berdiskusi dan
melakukan tanya jawab tentang kedudukan titik dan garis pada lingkaran
4.
Siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan
dan mempertanyakan tentang hal-hal yang belum diketahui dari apa yang diamati
untuk ditindaklanjuti pada kegiatan mencari informasi
Mengumpulkan
informasi
5. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing untuk menentukan kedudukan titik
dan garis pada lingkaran
6. Siswa
mengeksplorasi tentang kedudukan titik dan garis pada lingkaran
Mengasosiasi
7.
Melalui berbagai literatur
dan diskusi dengan kelompok masing-masing, siswa dapat memecahkan masalah
yang terkait dengan kedudukan titik dan garis pada lingkaran
8.
Guru berkeliling dan
mencermati siswa dalam bekerja. Apabila siswa mengalami kesulitan siswa
mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru
9.
Guru menilai sikap siswa saat
pembelajaran
Mengkomunikasikan
10.
Dari tiap-tiap kelompok
mewakilkan 1 anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
11.
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari
kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok
penyaji dengan sopan.
12.
Guru melibatkan siswa mengevaluasi
jawaban kelompok penyaji serta masukan dari siswa yang lain dan membuat
kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan siswa sudah benar
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Siswa mendengarkan arahan guru
untuk materi pada pertemuan berikutnya
3.
Guru memberikan tugas mandiri
untuk mencari literatur tentang garis singgung lingkaran dan dikumpulkan
4.
Guru memberikan pesan untuk tetap
belajar ke siswa.
|
10 menit
|
Pertemuan
4 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memimpin do’a (meminta
seorang siswa untuk memimpin do’a)
2.
Mengecek kehadiran siswa dan
meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan,
misalnya buku siswa.
3.
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi, tujuan, dan langkah
pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan.
4.
Guru mereview dan
menagih tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu mencari
literatur tentang garis singgung lingkaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Siswa
mengamati masalah nyata yang berhubungan dengan garis singgung pada lingkaran
2. Siswa
mengamati literatur tentang garis singgung lingkaran
Menanya
3. Siswa berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang masalah nyata
yang terkait dengan garis singgung lingkaran
4. Siswa
diarahkan untuk membuat pertanyaan dan mempertanyakan tentang hal-hal yang
belum diketahui dari apa yang diamati untuk ditindaklanjuti pada kegiatan
mencari informasi
Mengumpulkan
informasi
5.
Siswa berdiskusi dengan
kelompoknya masing-masing untuk memecahkan masalah nyata terkait dengan garis
singgung dan persamaan garis singgung lingkaran
6.
Siswa mengeksplorasi tentang
pemecahan masalah terkait dengan garis singgung lingkaran
Mengasosiasi
7. Melalui berbagai literatur dan diskusi dengan kelompok
masing-masing, siswa dapat memecahkan masalah nyata terkait dengan persamaan
garis singgung lingkaran
8. Guru berkeliling dan mencermati siswa dalam bekerja. Apabila
siswa mengalami kesulitan siswa mendapat kesempatan untuk bertanya kepada
guru
9. Guru menilai sikap siswa saat pembelajaran
Mengkomunikasikan
10. Dari
tiap-tiap kelompok mewakilkan 1 anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
11. Guru
memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan
terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
12. Guru
melibatkan siswa mengevaluasi jawaban kelompok penyaji serta masukan dari
siswa yang lain dan membuat kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan siswa
sudah benar
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Siswa mendengarkan arahan guru
untuk materi pada pertemuan berikutnya
3.
Guru memberikan tugas mandiri
untuk mengerjakan soal-soal latihan pada buku paket agar siswa lebih memahami
dan dikumpulkan
4.
Guru memberikan pesan untuk tetap
belajar ke siswa.
|
10
1
11
0
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian : Pengamatan untuk kompetensi dasar sikap dan ketrampilan,tes tertulis untuk kompetensi Pengetahuan.
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran
lingkaran.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi.
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Mendeskripsikan lingkaran dalam berbagai situasi.
b.
Menentukankan persamaan lingkaran dengan pusat O(0,0) dan pusat
P(a,b) dengan jari-jari r
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas kelompok dan individu.
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan lingkaran
dalam berbagai situasi.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
Sampang,
20 Juli 2017
Kepala
Sekolah, Guru
mata pelajaran
DWI
FENI INDARTI, SE MARJAN,
S,.Pd
NIY.
5119 NIY.
–
LAMPIRAN I. CATATAN
A.
CATATAN GURU
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
B.
CATATAN KEPALA SEKOLAH
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
C.
CATATAN PENGAWAS
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar