RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program
Pendidikan, meliputi:
Nama Sekolah : SMK YPE SAMPANG
Mata Pelajaran : MATEAMTIKA
Kompetensi Keahlian : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas / Semester : XI / 3
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Alokasi Waktu : 12 X 45
menit (6 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
|
3.15 Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1) Indikator Pencapaian Kompetensi pengetahuan
1.
Menjelalaskan pengertian
matriks
2.
Menyebutkan jenis-jenis
matriks
3.
Memndefinisikan pengertian
transpose matriks
4.
Merubah matriks menjadi
materiks transpor
5.
Menghitung jumlahan dua
matriks
6.
Menghitung pengurangan dua
matriks
7.
Menghitung perkalian matriks
dengan skalar
8.
Menghitung
perkalian dua matriks
9.
Menghitung
determinan matriks
10. Menghitung minor matriks
11. Menghitung kovaktor matriks
12. Menghitung kovaktor matriks
13. Menghitung adjoin matriks
14. Menghitung invers matriks ordo 2
2) Indikator Pencapaian Kompetensi Ketrampilan
1.
Mempresentasikan
penjelalaan matriks
2.
Mempresentasikan jenis-jenis
matriks
3.
Memndefinisikan pengertian
transpose matriks
4.
Mempresentasikan
transpose matriks
5.
Mempresentasikan jumlahan dua matriks
6.
Mempresentasikan pengurangan dua matriks
7.
Mempresentasikan perkalian matriks dengan skalar
8.
Mempresentasikan perkalian dua matriks
9.
Mempresentasikan determinan matriks
10. Mempresentasikan
minor matriks
11. Mempresentasikan
kovaktor matriks
12. Mempresentasikan
kovaktor matriks
13. Mempresentasikan
adjoin matriks
14. Mempresentasikan
invers matriks ordo 2
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi dan menggali informasi,
peserta didik dapat:
1.
Menjelalaskan pengertian
matriks dengan tegak dan jelas serta
benar
2.
Menyebutkan jenis-jenis
matriks dengan teliti dan benar
3.
Memndefinisikan pengertian
transpose matriks dengan teliti dan benar
4.
Merubah matriks menjadi
materiks transpor dengan teliti dan
benar
5.
Menghitung jumlahan dua
matriks dengan teliti dan benar
6.
Menghitung pengurangan dua
matriks dengan teliti dan benar
7.
Menghitung perkalian matriks
dengan skalar dengan teliti dan benar
8.
Menghitung
perkalian dua matriks dengan teliti dan benar
9.
Menghitung
determinan matriks dengan teliti dan benar
10. Menghitung minor matriks dengan teliti dan benar
11. Menghitung kovaktor matriks dengan teliti dan
benar
12. Menghitung kovaktor matriks dengan teliti dan
benar
13. Menghitung adjoin matriks dengan teliti dan benar
14. Menghitung invers matriks ordo 2 dengan teliti dan
benar
15. Menjelalaskan pengertian matriks dengan
teliti dan benar
16. Mempresentasikan jenis-jenis matriks dengan
teliti dan benar
17. Memndefinisikan pengertian transpose matriks dengan teliti dan benar
18. Mempresentasikan transpose matriks dengan teliti
dan benar
19. Mempresentasikan jumlahan
dua matriks dengan teliti dan benar
20. Mempresentasikan pengurangan
dua matriks dengan teliti dan benar
21. Mempresentasikan perkalian
matriks dengan skalar dengan teliti dan benar
22. Mempresentasikan
perkalian dua matriks dengan teliti dan benar
23. Mempresentasikan
determinan matriks dengan teliti dan benar
24. Mempresentasikan
minor matriks dengan teliti dan benar
25. Mempresentasikan
kovaktor matriks
26. Mempresentasikan
kovaktor matriks
27. Mempresentasikan
adjoin matriks
28. Mempresentasikan
invers matriks ordo 2
E. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
matriks
2. Transpose
matris ordo 2
3. Transpose
matriks ordo 3
4. Merubak
matris kolo menjadi matr4iks baris
5. Menghitung
jumlah dua matriks
6. Mengurangkan
dua matriks
7. Perkalian
matriks dengan skalar
8. Perkalian
dua matriks
9. Determinan
matriks
10. Minor
matriks
11. Kovaktor
matriks
12. Matriks
kovaktor
13. Invers
matriks.
F. Pendekatan,
Strategi dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi/Model : Problem
Based Learning
Metode : diskusi, menggali informasi, tanya jawab, presentasi
G. Alat/bahan dan Media Pembelajaran
1. Alat/bahan : Komputer,
LCD
2. Media Pembelajaran : Power Point, Handout
3.
Sumber
Belajar
-
Buku paket Matematika SMA/MASMK/MAK
Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
-
Brosing internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang definisi matriks, jenis-jenis matrikis,
unsur-unsur matrikis dan transpose matriks
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi matriks,
jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan
menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu
dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama
dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang definisi
matriks, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis dan transpose matriks
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang defi dan transpose matriks nisi matriks, jenis-jenis matrikis,
unsur-unsur matrikis
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang definisi matriks, jenis-jenis
matrikis, unsur-unsur matrikis dan transpose matriks yang telah
dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi matriks
4.
Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang
matriks
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya jumlahan
dua matriks atau lebih
6.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang jumlahan dua matriks atau lebih
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi jumlahan dua matriks
atau lebih
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan
menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu
dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama
dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang jumlahan dua matriks
atau lebih
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang jumlahan dua matriks
atau lebih
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang jumlahan dua matriks atau lebihyang telah
dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi matriks
4.
Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang
penjumlahan dua matriks atau lebih
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu perkalian matriks dengan skalar dan perkalian matriks dengan
matriks
6.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-3
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang jumlahan dua matriks atau lebih yang ditanspose
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi jumlahan dua matriks
atau lebih yang ditanspose
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan
berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing,
difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk
melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang jumlahan dua matriks
atau lebih yang ditanspose
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang jumlahan dua matriks
atau lebih yang ditanspose
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang jumlahan dua matriks atau lebih yang ditansposeyang telah
dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi
Guru memberikan tugas terstruktur
untuk mencari artikel di internet tentang jumlahan dua matriks
atau lebih yang ditanspose
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu
perkalian matriks dengan skalar, perkalian materika dan skalar dengan
transpose
5.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-4
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang perkalian
matriks dengan skalar dengan transpose
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi perkalian matriks dengan skalar dengan transpose
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan
menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu
dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama
dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang perkalian matriks dengan skalar dengan transpose
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang perkalian matriks dengan skalar dengan transpose
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang perkalian matriks dengan skalar
dengan transposeyang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi
Guru memberikan tugas terstruktur
untuk mencari artikel di internet tentang perkalian matriks dengan skalar dengan transpose
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu
perkalian matriks dengan matriks
5.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-5
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang perkalian
matriks dengan matriks
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi perkalian matriks dengan matriks
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan
menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu
dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama
dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang perkalian matriks dengan matriks
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang perkalian matriks dengan matriks
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang perkalian matriks dengan
matriksyang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi
Guru memberikan tugas terstruktur
untuk mencari artikel di internet tentang perkalian matriks dengan matriks
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu
perkalian matriks dengan matriks yang ditranspose
5.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-6
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15
Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih
bahan bacaan tentang sub kopetensi matriks
-
Guru meminta
kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-
Guru meminta kepada siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru
menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan
masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar
mendapatkan klarifikasi tentang perkalian
matriks dengan matriks yang ditranspose
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak
dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan
solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
-
Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya
untuk mencoba (Experimenting) dan
mengaitkan (Networking) antar
konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi perkalian matriks dengan matriks yang ditranspose
MENCOBA
-
Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan
menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu
dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama
dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-
Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
-
Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses
diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang perkalian matriks dengan matriks yang ditranspose
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang perkalian matriks dengan matriks yang ditranspose
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang perkalian matriks dengan
matriks yang ditransposeyang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi,
refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi
Guru memberikan tugas terstruktur
untuk mencari artikel di internet tentang perkalian matriks dengan matriks yang ditranspose
4.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu
semua materi matriks untuk persiapan
ulangan harian 1
5.
Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
I. Penilaian
Pembelajaran
a.
Teknik : Non Test dan Test
b.
Bentuk :
-
Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis uraian
(Terlampir )
-
Penilaian
keterampilan : Kegiatan mencatat
transaksi penjualan kredit, wesel dan angsuran) (Terlampir)
c.
Pembelajaran
Remedial danPengayaan:
§ Remidial
dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
§ Pengayaan
dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKB,
tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.
Mengetahui
Kepala SMK SMK YPE SAMPANG
DWI FENI INDARTI, SE
NIY. 5 1 1 9
|
Sampang, 11 Juni 2018
Guru Mata Pelajaran,
MARJAN, S.IP, S.Pd
|
LAMPIRAN 1
Catatan
a.
Catatan
guru\
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
b.
Catatan kepala sekolah
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
c. Catatan pengawas
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar