RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program
Pendidikan, meliputi:
Nama Sekolah : SMK YPE SAMPANG
Mata Pelajaran : MATEAMTIKA
Kompetensi Keahlian : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Alokasi Waktu : 12 X 45 menit (6 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
|
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
|
|
Kompetensi Dasar
3. KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
|
4. KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
|
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan kuadrat dan fungsi
kuadrat.
|
4.19 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1) Indikator Pencapaian Kompetensi pengetahuan
1. Mendefinisikan
persamaan kuadrat kuadrat
2. Menentukan
bentuk persamaan kuadrat
3. Menentukan
akar-akar pada pada persamaan kuadrat
4. Mementukan
sifat-sifat akar-akar pada persamaan kuadrat
5. Menentukan
koordinat titik balik pada persamaan kuadrat
6. Menentukan
persamaan kuadrat baru persamaan kuadrat
7.
Menggambarkan grafik persamaan kuadrat
2) Indikator Pencapaian Kompetensi Ketrampilan
1. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan bentuk persamaan kuadrat
2. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan akar-akar
pada pada persamaan kuadrat
3. Mempresentasikan
hasil dari Mementukan sifat-sifat
akar-akar pada persamaan kuadrat
4. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan koordinat titik
balik pada persamaan kuadrat
5. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan persamaan kuadrat
baru persamaan kuad
6. Mempresentasikan
hasil dari Menggambarkan grafik persamaan kuadrat
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
1. Mendefinisikan
persamaan kuadrat kuadrat dengan jelas
dan tegas serta benar
2. Menentukan
bentuk persamaan kuadrat dengan teliti
dan benar
3. Menentukan
akar-akar pada pada persamaan kuadrat dengan
teliti dan benar
4. Mementukan
sifat-sifat akar-akar pada persamaan kuadrat dengan teliti dan benar
5. Menentukan
koordinat titik balik pada persamaan kuadrat dengan teliti dan benar
6. Menentukan
persamaan kuadrat baru persamaan kuadrat dengan teliti dan benar
7. Menggambarkan
grafik persamaan kuadrat dengan teliti dan benar
8.
Mempresentasikan hasil dari Menentukan
bentuk persamaan kuadr dengan teliti dan benar at
9. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan akar-akar
pada pada persamaan kuadrat dgn benar
10. Mempresentasikan
hasil dari Mementukan sifat-sifat
akar-akar pada persamaan kuadrat dgn
teliti
11. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan koordinat titik
balik pada persamaan kuadrat dgn teliti
12. Mempresentasikan
hasil dari Menentukan persamaan kuadrat
baru persamaan kuadrat dgn benar
13. Mempresentasikan
hasil dari Menggambarkan grafik persamaan kuadrat dengan teliti dan benar
E. Materi
Pembelajaran
Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Persamaan
kuadrat dalam x mempunyai bentuk
umum:ax2 + bx + c = 0 , a ¹ 0 a, b dan c adalah bilangan real.
- 1.
Menyelesaikan Persamaan kuadrat
a) memfaktorkan,
b) melengkapkan kuadrat sempurna,
c) menggunakan rumus.
- a.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
Nilai x1 dan x2 disebut akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat.
Contoh 1 :
Selesaikan x2 – 4 x + 3 = 0
Jawab: x2 – 4 x + 3 = 0
(x – 3) (x – 1) = 0
x – 3 = 0 atau x – 1 = 0
x = 3 atau x = 1
Jadi, penyelesaian dari x2 – 4 x + 3 = 0 adalah 3 dan 1.
Contoh 2 :
Tentukan himpunan penyelesaian dari (x – 2)2 = x – 2.
Jawab: (x – 2)2 = x – 2
x2 – 4 x + 4 = x – 2
x2 – 5 x + 6 = 0
(x – 3) (x – 2) = 0
x – 3 = 0 atau x – 2 = 0
x = 3 atau x = 2
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {3 , 2}.
Contoh 3 :
Tentukan penyelesaian dari 2 x2 + 7 x + 6 = 0.
Jawab: 2 x2 + 7 x + 6 = 0
2 x2 + 4 x + 3 x + 6 = 0
2 x (x + 2) + 3 (x + 2) = 0
(x + 2) (2 x + 3) = 0
x +2 = 0 atau 2 x + 3 = 0
x = –2 atau x = – 1
Jadi, penyelesaiannya adalah –2 dan –1.
- b.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna
Contoh 1:
Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab: x2 – 6 x + 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 = 0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2 atau x – 3 = –2
x = 5 atau x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
Contoh 2:
Tentukan penyelesaian dari 2 x2 – 8 x + 7 = 0.
Jawab: 2 x2 – 8 x + 7 = 0
2 x2 – 8 x + 8 – 1 = 0
2 x2 – 8 x + 8 = 1
2 (x2 – 4 x + 4) = 1
2 (x – 2)2 = 1
(x – 2)2 = ½
x – 2 = atau x – 2 = –
x = 2 + Ö2 atau x = 2 –Ö2
Jadi, penyelesaiannya adalah 2 + Ö2 dan 2 – Ö2.
- c.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus
Contoh :
Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 + 7x – 30 = 0.
Jawab: x2 + 7x – 30 = 0
a = 1 , b = 7 , c = – 30
x = 3 atau x = –10
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {–10 , 3}.
Latihan 1
- Tentukan penyelesaian persamaan kuadrat berikut ini:
- Nyatakan persamaan-persamaan kuadrat berikut dalam bentuk
umum, kemudian tentukanlah akar-akarnya!
- Salah satu akar x2 – mx
+ 12 = 0 adalah 3. Hitunglah nilai m dan akar yang lain!
- Jika x = 1 memenuhi persamaan (a
– 1)x2
+ (3a
– 1)x
= 3a,
hitunglah a
dan akar yang lain!
- Untuk percetakan kartu nama, diperlukan kertas yang berbentuk
persegi panjang dengan panjang dan lebar
- x2 – 3x
+ 2 =
0
f. –2x2 + 8x
– 9 = 0
- 3x2
– 9x
=
0
g. –6x2 + 10xÖ3
– 9 = 0
- 6x2
– 13x
+ 6 =
0
h. x2
– 2xÖ3
– 1 = 0
- 5p2
+ 3p
+ 2 =
0
i. x2
+ x
– 506 = 0
- 9x2
– 3x
+ 25 =
0
j. x2
– x
+ Ö2 = 2
- 2x
– x(x
+ 3) =
0
c. (x
– 3)2 + 2(x – 3) – 3 = 0
- (x
– 3) (x
+ 2) – 2x2
+ 12 =
0
d.
2. Jenis-jenis Akar Persamaan Kuadrat
Kita perhatikan kembali persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 dengan akar-akarnya , b2 – 4ac disebut diskriminan (D). Sehingga rumus penyelesaian persamaan kuadrat dapat ditulis sebagai .
Dari rumus tersebut tampak bahwa nilai x tergantung dari nilai D.
Apabila:
- D > 0 maka ÖD merupakan bilangan real
positif, sehingga persamaan kuadrat mempunyai dua akar real
berlainan, .
- D = 0 maka ÖD = 0, sehingga persamaan kuadrat
mempunyai dua akar real
sama.
.
- D < 0 maka ÖD merupakan bilangan tidak
real (imajiner), maka persamaan kuadrat tidak mempunyai
Contoh :
Tanpa menyelesaikan persamaan lebih dahulu, tentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berikut:
- x2 + 5 x
+ 2 = 0
- x2 – 10 x
+ 25 = 0
- 3 x2
– 4 x
+ 2 = 0
- x2 + 5 x
+ 2 = 0
D = b2 – 4ac = 52 – 4 . 1 . 2 = 25 – 8 = 17
Ternyata D > 0. Jadi, persamaan x2 + 5 x + 2 = 0 mempunyai dua akar real berlainan.
- x2 – 10 x
+ 25 = 0
D = b2 – 4ac = (-10)2 – 4 . 1 . 25 = 100 – 100 = 0
Karena D = 0, maka persamaan x2 – 10 x + 25 = 0 mempunyai dua akar real sama.
- 3 x2
– 4 x
+ 2 = 0
D = b2 – 4ac = (-4)2 – 4 . 3 . 2 = 16 – 24 = – 8
Ternyata bahwa D < 0. Jadi, persamaan 3 x2 – 4 x + 2 = 0 tidak mempunyai akar real.
Latihan 2
- Tanpa menyelesaikan persamaannya, tentukan jenis-jenis akar
persamaan kuadrat berikut ini:
- x2 + 6x
+ 6 = 0
- x2 + 2x
+ 1 = 0
- 2x2
+ 5x
+ 5 = 0
- –2x2
– 2x
– 1 = 0
- 6t2
– 5t
+ 1 = 0
- 4c2
– 4c
+ 3 = 0
- Tentukan nilai p agar persamaan kuadrat berikut
mempunyai akar yang sama (kembar)!
- 4x2
+ 8px
+ 1 = 0
- 4x2
– 4px
+ (4p
– 3) = 0
- px2 – 3px
+ (2p
+ 1) = 0
- Persamaan x2 – 4px
– (p
– 1) = 0 akar kembar, tentukan persamaan kuadrat tersebut!
- Buktikan bahwa persamaan x2 – px
– (p
+ 1) = 0 mempunyai dua akar real berlainan!
- Buktikan bahwa mempunyai dua akar real
berlainan!
- Persamaan kuadrat ax2 + bx
+ c =
0 mempunyai akar x1 dan x2.
x2 + x + = 0
Karena x1 dan x2 merupakan akar-akar persamaan kuadrat, maka :
Jadi, , .
Contoh:
Akar-akar x2 – 3x + 4 = 0 adalah x1 dan x2. Dengan tanpa menyelesaikan persamaan tersebut, hitunglah nilai:
- x1 + x2
d.
- x1.x2
e. x13
+ x23
- x12 + x22
a. x1 + x2 = 3
b. x1.x2 = 4
c. x12 + x22 = x12 + x22 + 2 x1.x2 – 2 x1.x2
= (x1 + x2)2 – 2 x1 x2 = 2 (-3)2 – 2 . 4 = 1
e. (x1 + x2)3 = x13 + 3 x12 x2 + 3 x1 x22 + x23
= x13 + 3 x1 x2 (x1 + x2) + x23
x13 + x23 = (x1 + x2)3 – 3 x1 x2 (x1 + x2)
= 33 – 3 . 4 (3)
= 27 – 36 = –9
Latihan 3
- Tanpa menyelesaikan persamaannya, tentukan jumlah dan
hasilkali akar-akar persamaan berikut:
- Akar-akar persamaan x2 + 2x
+ 5 = 0 adalah p
dan q.
Dengan tidak menyelesaikan persamaan itu, hitunglah:
- Jumlah kuadrat akar-akar persamaan x2
– (k
+ 2)x
+ 2k
= 0 adalah 20. Hitunglah nilai k.
- Jumlah kebalikan akar-akar persamaan ax2
– (a
+ b)x + 2a = 0
adalah 2. Hitunglah nilai a.
- Akar-akar persamaan x2 + ax
+ b
= 0 adalah x1
dan x2.
- x2 – 5x
+ 7 =
0
d. bx2
+ ax
+ c = 0
- 2x2 – 7 =
0
e.
- 4x2
– 3x
=
0
f. (x
– p)2
+ (x
– q)2
= p2
+ q2
- p2 + q2
- (p
+ 2) (q
+ 2)
- (p
– 2q)
(q
– 2p)
4. Menyusun Persamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat dapat disusun dengan:
v menggunakan perkalian faktor,
v menggunakan jumlah dan hasilkali akar-akar.
- a.
Menyusun persamaan kuadrat dengan menggunakan perkalian faktor
(x – x1) (x – x2) = 0 sehingga diperoleh akar-akar persamaan itu x1 dan x2. Dengan demikian jika akar-akar
persamaan kuadrat x1 dan x2 maka persamaannya adalah (x – x1) (x – x2) = 0.
Contoh 1:
Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya 3 dan -2.
Jawab: (x – x1) (x – x2) = 0
(x – 3) (x – (-2)) = 0
(x – 3) (x + 2) = 0
x2 – 3 x + 2 x – 6 = 0
x2 – x – 6 = 0.
Contoh 2:
Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya dan !
Jawab: (x – ) (x – ) = 0
= 0
6 x2 – 2 x – 3 x + 1 = 0
6 x2 – 5 x + 1 = 0
- b.
Menyusun persamaan kuadrat menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akar
Dengan menggunakan x1 + x2 = – dan x1 x2 = , maka akan diperoleh persamaan:
x2 – (x1 + x2)x + x1x2 = 0.
Contoh:
Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya –2 dan –3.
Jawab: x1 + x2 = -2 – 3 = – 5
x1 x2 = 6
Jadi, persamaan kuadratnya x2 – (–5)x + 6 = 0 atau x2 + 5x + 6 = 0.
- c.
Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya berkaitan dengan akar-akar
persamaan kuadrat lain
Contoh 1:
Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 3 lebih dari akar-akar persamaan x2 – 2x + 3 = 0.
Jawab:
Misal akar-akar persamaan x2 – 2x + 3 = 0 adalah x1 dan x2. ® x1 + x2 = 2 , x1 x2 = 3.
Jika akar-akar persamaan kuadrat baru adalah p dan q, maka p = x1 + 3 dan q = x2 +3
p + q = (x1 + 3) + (x2 + 3) p q = (x1 + 3) (x2 + 3)
= x1 + x2 + 6 = x1 x2 + 3(x1 + x2) + 9
= 2 + 6 = 8 = 3 + 2(2) = 9 = 18
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya p dan q adalah x2 – (p + q) + pq = 0.
Persamaan kuadrat baru adalah x2 – 8x + 18 = 0.
Contoh 2:
Susunlah persamaan kuadrat baru yang akarnya 2 kali akar persamaan 2x2 – 3x + 1 = 0.
Jawab:
Misalkan akar-akar persamaan 2x2 – 3x + 1 = 0 adalah x1 dan x2 serta persamaan kuadrat baru adalah a dan b, maka a = 2x1 dan b = 2x2
a + b = 2(x1 + x2) = 2
a b = 2x1 . 2x2 = 4x1 x2 = 4 . = 2
Persamaan kuadrat yang akarnya a dan b adalah:
x2 – (a + b)x + ab = 0.
Persamaan kuadrat baru adalah x2 – 3x + 2 = 0..
Latihan 4
- Susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya:
- Jumlah dan hasilkali akar-akar persamaan kuadrat
berturut-turut adalah dan . Tentukan persamaan kuadratnya!
- Akar-akar persamaan kuadrat x2 – 4x
– 6 = 0 adalah a dan b. Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya:
- Akar-akar persamaan kuadrat 3x2 + 2x +
1 = 0 adalah a dan b. Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya:
- Diketahui persamaan 2x2 – 5x
+ 3 = 0. Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya:
- 1 dan 3
- 2 dan -4
- -1 dan -5
- –Ö2 dan 2Ö2
- (p
+ q)
dan (p – q)
- (a + 1) dan (b + 1)
- (a– 3) dan (b– 3)
- 4a dan 4b
- –a dan –b
- (2a + 1) dan (2b + 1)
- a2 dan b2
- berlawanan dengan akar-akar persamaan yang diketahui.
- kebalikan akar persamaan yang diketahui.
- 1.
Pengertian
Jika f(x) = 0 maka diperoleh persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0. Nilai-nilai x yang memenuhi persamaan itu disebut nilai pembuat nol fungsi f.
Nilai fungsi f untuk x = p ditulis f(p) = ap2 + bp + c.
Contoh 1:
Ditentukan: f(x) = x2 – 6x – 7
Ditanyakan:
- nilai pembuat nol fungsi f
- nilai f untuk x
= 0 , x
= –2
- Nilai pembuat nol fungsi f diperoleh jika f(x)
= 0
(x – 7) (x + 1) = 0
x = 7 atau x = –1
Jadi pembuat nol fungsi f adalah 7 dan –1
- Untuk x = 0 maka f(0)
= –7
Contoh 2:
Tentukan nilai p agar ruas kanan f(x) = 3 x2 + (p – 1) + 3 merupakan bentuk kuadrat sempurna.
Jawab :
Supaya merupakan suatu kuadrat sempurna, syaratnya D = 0.
D = (p – 1)2 – 4 . 3 . 3 = 0
p2 – 2p – 35 = 0
(p – 7) (p + 5) = 0
p = 7 atau p = –5
Jadi, agar ruas kanan f(x) merupakan suatu kuadrat sempurna, maka p = 7 atau p = –5.
Periksalah jawaban itu.
- 2.
Nilai Maksimum dan Minimum Fungsi Kuadrat
1) f(x) = x2 – 2x – 3
= x2 – 2x + 1 – 4
=(x – 1)2 – 4
Bentuk kuadrat selalu bernilai positif atau nol, maka (x – 1)2 mempunyai nilai paling kecil (minimum) nol untuk x = 1. Dengan demikian (x – 1)2 – 4 mempunyai nilai terkecil 0 – 4 = –4.
Jadi, f(x) = x2 – 2x – 3 mempunyai nilai terkecil (minimum) –4 untuk x = 1.
2) f(x) = –x2 + 4x + 5
= –x2 + 4x – 4 + 9
= –(x2 – 4x + 4) + 9
= –(x – 2)2 + 9
Nilai terbesar dari – (x – 2)2 sama dengan nol untul x = 2.
Dengan demikan nilai terbesar dari – (x – 2)2 + 9 adalah 0 + 9 = 9.
Jadi, f(x) = –(x – 2)2 + 9 atau f(x) = –x2 + 4x + 5 mempunyai nilai terbesar (maksimum) 9 untuk x = 2.
Sekarang perhatikan bentuk umum f(x) = ax2 + bx + c
Dengan uraian di atas, diperoleh:
Fungsi kuadrat f(x) = a x2 + b x + c
Untuk a > 0, f mempunyai nilai minimum untuk
Untuk a < 0, f mempunyai nilai maksimum untuk
Contoh:
Tentukan nilai minimum fungsi f(x) = 2x2 + 4x + 7
Jawab:
f(x) = 2x2 + 4x + 7 , a = 2 , b = 4 , c = 7
Nilai minimum fungsi f = 5
Latihan 5
- Diketahui: f(x) = x2
– 4x
– 6
b. nilai f(x) , jika x = 0
c. f(2) , f(–1) , f(p)
- Tentukan nilai minimum atau maksimum dari fungsi berikut ini:
- Fungsi kuadrat f(x) = 2x2
– px
+ 3 mempunyai nilai minimum untuk x = 2. Hitunglah nilai minimum
itu!
- Nilai maksimum f(x) = ax2
+ 4x
+ a
adalah 3. Hitunglah nilai a !
- Selisih dua bilangan positif adalah 3. Tentukan kedua
bilangan itu agar hasilkalinya minimum!
- Suatu fungsi kuadrat mempunyai nilai minimum –2 untuk x
= 3, dan mempunyai nilai 6 untuk x = 1. Tentukan fungsi kuadrat
tersebut!
- f(x)
= x2
+ 4x
+ 4
- f(x)
= 2x2
– 4x
+ 3
- f(x)
= –3 x2
+ 12x
– 8
- f(x)
= –7 + 12x – 3x2
- f(x)
= (2x
+ 1) (x
=- 3)
- f(x)
= (2x
– 1)2
- 3.
Grafik Fungsi Kuadrat
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 7.1 Gambar 7.2
Perhatikan Gambar 7.1 dan 7.2
- Titik A dan titik B
adalah titik potong dengan sumbu-X.
- Titik C merupakan titik potong grafik
dengan sumbu-Y.
- Titik P merupakan titik balik/puncak
parabola.
- Garis yang melalui puncak dan sejajar dengan sumbu-Y disebut
sumbu simetri.
1) Titik potong grafik dengan sumbu-X.
Titik potong itu terletak pada sumbu-X sehingga absis titik tersebut diperoleh jika y = 0, maka
a x2 + b x + c = 0. Karena a x2 + b x + c = 0 merupakan persamaan kuadrat, maka banyaknya titik potong dengan sumbu-X tergantung pada D (diskriminan).
D > 0 ® terdapat dua titik potong yang berlainan, yaitu (x1 , 0) dan (x2 , 0).
D = 0 ® terdapat satu titik potong yang disebut titik singgung.
D < 0 ® tidak mempunyai titik potong dengan sumbu-X.
2) Titik potong dengan sumbu-Y.
Karena titik potong terletak pada sumbu-Y, maka ordinat titik potong itu diperoleh jika x = 0. Sehingga koordinatnya (0 , c).
3) Sumbu simetri
Karena sumbu simetri adalah garis yang melalui titik puncak dan sejajar sumbu-Y maka persamaan sumbu simetri adalah:
4) Titik Puncak/ Balik
Koordinat titik puncak
Catatan:
- Grafik fungsi kuadrat dengan persamaan y
= a
x2 + b x + c
berbentuk parabola.
- Parabola terbuka ke atas jika a > 0.
- Parabola terbuka ke bawah jika a < 0.
Buatlah sketsa grafik y = x2 – 2x – 3 untuk x e R.
Jawab:
Titik potong dengan sumbu-X diperoleh jika y = 0.
x2 – 2x – 3 = 0
(x – 3) (x + 1) = 0
x = 3 dan x = –1
Koordinat titik potongnya adalah : A(3 , 0) dan B(–1 , 0)
Titik potong dengan sumbu-Y diperoleh jika x = 0
y = 0 – 0 – 3 = – 3
Koordinat titik potongnya C(0 , –3)
Sumbu simetri, garis
Titik puncak ® D(1 , –4)
Hubungkan titik-titik A, B, C, dan D serta perhalus, sehingga diperoleh grafik fungsi
y = x3 – 2x – 3.
Latihan 6
- Tentukan koordinat titik potong grafik fungsi kuadrat berikut
ini, dengan sumbu koordinat:
- y = x2
– 4x
– 5
c. y
= -2x2
+ 5x
– 3
- y = x2
+ 4x
+ 4
d. y
= 2x2
– 5x
+ 4
- Tentukan koordinat titik puncak/balik grafik fungsi pada soal
no. 1 di atas!
- Grafik fungsi kuadrat y = 2x2 – px
+ 3 mempunyai sumbu simetri garis x = 2. Tentukan koordinat titik
puncak !
- Gambarlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut ini dengan
langkah-langkah:
- y = x2
– 6x
+ 8
d. y
= x2
– 2
- y = (x – 5)2 e.
y
= –x2
+ 3
- y = 16 – x2 f. y
= x2
+ 2x
+ 2
Suatu fungsi kuadrat dapat ditentukan apabila fungsi itu:
- melalui tiga titik yang berlainan.
- memotong sumbu-X dan melalui sebuah titik lain.
- melalui sebuah titik dan koordinat titik terendah/tertinggi
diketahui.
- menyinggung sumbu-X dan melalui sebuah titik.
- a.
Fungsi kuadrat yang grafiknya melalui tiga buah titik
Tentukan persamaan grafik fungsi kuadrat yang melalui titik (–1 , 0) , ( 1 , 8 ) dan ( 2, 6 ).
Jawab :
Misal persamaan grafik adalah y = a x2 + b x + c
Grafik melalui titik (–1 , 0) ® 0 = a(–1)2 + b (–1) + c
0 = a – b + c ………………. (1)
Grafik melalui titik (1 , 8) ® 8 =a (1)2 + b (1) + c
8 = a + b + c ………………. (2)
Grafik melalui titik ( 2 , 6 ) ® 6 = a (2)2 + b (2) + c
6 = 4 a + 2 b + c …………… (3)
Dari persamaan (1), (2), dan (3) dapat ditentukan nilai a, b, dan c dengan cara eliminasi.
(1) a – b + c = 0 (2) a + b + c = 8 a – b + c = 0
(2) a + b + c = 8 (3) 4a + 2b + c = 6 –2 – 4 + c = 0
–2b = –8 3a – b = 2 c = 6
b = 4 – 3a – 4 = 2
a = –2
Jadi, fungsi kuadrat itu adalah y = –2x2 + 4x + 6.
b. Fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-X
Misalkan titik potongnya (p , 0) dan (q , 0).
(p , 0) dan (q , 0) memenuhi persamaan y = a x2 + b x + c sehingga 0= ap2 + bp + c dan
0= aq2 + bq + c . Kedua persamaan itu dikurangkan, akan diperoleh:
0 = a(p2 – q2) + b(p – q)
b(p – q) = –a(p2 – q2)
= –a(p + q) (p – q)
b = – a(p + q)
Substitusikan b = – a(p + q) ke ap2 + bp + c = 0
ap2 + (– a(p + q)) p + c = 0
ap2 – ap2 – pqa + c = 0
c = pqa
Untuk b = – a(p + q) dan c = pqa maka
y = a x2 + b x + c Û y = ax2 – a(p + q)x + pqa
= a(x2 – (p + q)x + pq)
= a(x – p) (x – q)
Jadi, y = a(x – p) (x – q) adalah fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-X di (p,0) dan (q,0).
Contoh:
Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-X di titik (–5,0) dan (1,0), serta melalui titik (–3, –8) !
Jawab:
Grafik memotong sumbu-X di titik (–5,0) dan (1,0), maka fungsi kuadratnya
y = a(x – (–5)) (x – 1)
= a(x + 5) (x – 1)
Grafik melalui titik (–3, –8), berarti
–8 = a(–3+5) (–3 – 1)
= –8a
a = 1
Substitusikan a = 1 pada y = a(x + 5) (x – 1) sehingga diperoleh y = x2 + 4x – 5.
Jadi, fungsi kuadratnya adalah y = x2 + 4x – 5.
- c.
Menentukan fungsi kuadrat jika koordinat titik puncak grafik fungsi itu
diketahui
Dengan melihat kembali kajian terdahulu, maka fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c dapat
dinyatakan dengan .
Sehingga fungsi kuadrat yang berpuncak di (p , q) adalah y = a (x – p)2 + q
Contoh:
Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya mempunyai titik tertinggi (1,3) dan melalui titik (0,0).
Jawab:
Fungsi kuadrat yang grafiknya berpuncak di (1,3) adalah y = (x – 1)2 + 3
Grafik melalui titik (0,0) berarti:
0 = a(0 – 1) + 3
0 = a + 3
a = –3
Substitusikan a = –3 pada y = a (x – 1)2 + 3 maka diperoleh
y = –3 (x – 1)2 + 3
y = –3 (x2 – 2x + 1) + 3
y = –3x2 + 6x
Jadi, fungsi kuadratnya adalah y = –3x2 + 6x.
d. Fungsi kuadrat yang grafiknya menyinggung sumbu-X
Perhatikan kembali bahasan tentang “Titik potong grafik dengan sumbu-X”. Grafik akan menyinggung sumbu-X jika dan hanya jika b2 – 4ac = 0, maka koordinat titik tertinggi atau terendah adalah (,0).
Sehingga .
Jadi, fungsi kuadrat yang grafiknya menyinggung sumbu-X adalah .
Sehingga fungsi kuadrat yang grafiknya menyinggung sumbu X adalah y = a(x – p)2
Contoh:
Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya menyinggung sumbu-X di titik (2,0) dan melalui titik (0,4) !
Jawab:
Fungsi kwadrat yang grafiknya menyinggung sumbu X di (2,0) adalah
y = a (x – 2)2
Grafik melalui titik (0,4) berarti :
4 = a(0 – 2)2 = 4a
a = 1
Jadi, fungsi kuadrat itu y = 1(x – 2)2 atau y = x2 – 4x + 4.
Latihan 7
1.
Tentukan fungsi kuadrat yang
grafiknya melalui titik (–2, 12), (1, –3), dan (5, 5) !
- Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya melalui titik (3, –2),
(5, 4), dan (1,-1 !
3.
Tentukan fungsi kuadrat yang
grafiknya memotong sumbu-X di titik (2, 0), dan (4, 0) serta melalui titik (0,
2) !
4.
Tentukan fungsi kuadrat yang
grafiknya memotong sumbu-X di titik (4, 0) dan (1, 0) serta melalui titik (2,
–2)
5.
Koordinat titik puncak grafik
fungsi kuadrat adalah (–1, 1). Tentukan fungsi kuadrat itu jika grafiknya
melalui titik (0, 1) !
6.
Koordinat titik puncak grafik
fungsi y
= ax2
+ bx +
5 adalah (4, 9). Tentukan fungsi kuadratnya!
7.
Suatu parabola menyinggung
sumbu-X di titik (–2, 0) dan melalui titik (0, –1). Tentukan persamaan
parabola!
8.
Sebuah fungsi kuadrat mempunyai
nilai tertinggi –3 untuk x = 2, sedangkan grafiknya melalui titik
(–2, –11). Tentukan fungsi kuadratnya!
9.
Suatu fungsi kuadrat, grafiknya
memotong sumbu-X di titik (2, 0) dan (5, 0), sedang fungsi itu mempunyai nilai
maksimum 9. Tentukan fungsi kuadrat tersebut!
10.
Grafik fungsi y =
(p+3)2
– 2(p –
1)x +
(2p –
5) mempunyai titik puncak yang absisnya p. Tentukan fungsi kuadrat itu!
F. Pendekatan,
Strategi dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi/Model : Problem Based Learning
Metode : diskusi, menggali informasi, tanya jawab, presentasi
G. Alat/bahan dan Media Pembelajaran
1. Alat/bahan : Komputer, LCD
2. Media Pembelajaran : Power Point, Handout
3.
Sumber Belajar
-
Buku paket Matematika SMA/MASMK/MAK
Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
-
Brosing internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar persamaan
kuadrat dengan menfaktorkan
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian
guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang mendefinisikan persamaan kuadrat, menarik
akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
-
Guru
membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami
sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik
akar-akar persamaan kuadrat dengan menfaktorkan, jenis-jenis matrikis,
unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang mendefinisikan persamaan kuadrat, menarik
akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
- Masing-masing kelompok
mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang mendefinisikan persamaan kuadrat, menarik akar
persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang mendefinisikan persamaan
kuadrat, menarik akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran mendefinisikan persamaan kuadrat, menarik akar persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi mendefinisikan persamaan
kuadrat, menarik akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang mendefinisikan
persamaan kuadrat, menarik akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-2
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar persamaan
kuadrat dengan menfaktorkan
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan
cara melengkapkan kuadrat dan rumus
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi
definisi mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar
persamaan kuadrat dengan menfaktorkan, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur
matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan cara
melengkapkan kuadrat dan rumus
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan cara
melengkapkan kuadrat dan rumus
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang menarik akar persamaan kuadrat
dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus yang
telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran menarik akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat dan
rumus
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi menarik akar persamaan kuadrat
dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang menarik
akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-3
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi
mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar
persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat dan rumus
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan
cara melengkapkan kuadrat dan rumus
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik
akar-akar persamaan kuadrat dengan menfaktorkan, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur
matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan cara
melengkapkan kuadrat dan rumus
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang menarik akar persamaan kuadrat dengan cara
melengkapkan kuadrat dan rumus
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang menarik akar persamaan kuadrat
dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus yang
telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran menarik akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat dan
rumus
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi menarik akar persamaan kuadrat
dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang menarik
akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat dan rumus
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-4
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
- Guru memilih bahan bacaan tentang sub jumlah
dan hasil kali dua akar persamaan kuadrat
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada siswa
untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui
lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang jumlah dan hasil kali dua akar
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang
materi definisi mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik
akar-akar persamaan kuadrat dengan menfaktorkan, jenis-jenis matrikis,
unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang menggambar grafik fungsi kuadrat
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang jumlah dan hasil kali dua akar
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang jumlah dan hasil kali dua akar
yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran jumlah dan hasil kali dua akar
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi jumlah dan jasil kali dua akar
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang jumlah
dan hasil kali dua akar
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-5
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih bahan
bacaan tentang sub kopetensi membuat
persamaan kuadrat baru
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang membuat persamaan kuadrat baru
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam
pembelajaran. Peserta didik
yang lebih memahami akan menjelaskan
keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi
definisi mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar
persamaan kuadrat dengan menfaktorkan, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur
matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang membuat persamaan kuadrat baru
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang membuat persamaan kuadrat baru
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama membuat persamaan kuadrat baru persamaan kuadrat baru
Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan
terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran menggambar grafik fungsi
kuadrat
2.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi persamaan kuadrat baruGuru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang persamaan
kuadrat baru
3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
4.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
ke-6
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
|
||
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS
selama 15 Menit)
3.
Mengkondisikan peserta didik
4.
Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.
Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.
Melakukan pre-test
|
10 menit
|
|
KEGITAN INTI
|
|
|
Pemberian stimulus
terhadap siswa
|
MENGAMATI
-
Guru memilih bahan
bacaan tentang sub kopetensi menggambar
grafik fungsi kuadrat
- Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari
bacaan sendiri ataupun dengan teman
- Guru meminta
kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak
mungkin
|
70 menit
|
Menetapkan masalah dan
menyeleksi informasi-informasi yang relevan
|
MENANYA
-
Guru meminta kepada
siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin
diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-
Dengan
dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan
klarifikasi tentang menggambar grafik fungsi kuadrat
-
Guru membimbing siswa untuk memberi tanda
pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
|
|
Mengembangkan solusi
melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek
perbedaan pandangan
|
MENGEKSPLORASI
- Peserta
didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran.
Peserta didik yang lebih memahami akan menjelaskan keanggota yang lain sampai
semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi mendefinisikan
pengertian persamaan kuadrat dan menarik akar-akar persamaan kuadrat dengan
menfaktorkan, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis
MENCOBA
- Peserta
didik mencari
jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus
yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok
peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru
untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
- Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil
diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
|
|
Mengevaluasi
|
- Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya
jawab selama proses diskusi
-
Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan
berkelompok dalam bentuk tulisan tentang menggambar grafik fungsi kuadrat
-
Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban
permasalahan yang telah disusun kelompoknya
MENYIMPULKAN
-
Siswa menyimpulkan materi tentang menggambar grafik fungsi kuadrat
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
1.
Secara
bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang menggambar grafik fungsi
kuadrat yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil
pembelajaran menggambar grafik fungsi kuadrat
3.
Guru
melakukan evaluasi (Post Test) atas materi menggambar grafik fungsi
kuadrat
4.
Guru
memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang menggambar
grafik fungsi kuadrat
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya
6.
Guru
menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
|
10 Menit
|
I. Penilaian
Pembelajaran
a. Teknik : Non
Test dan Test
b. Bentuk :
-
Penilaian pengetahuan : Tes tertulis uraian (Terlampir )
-
Penilaian keterampilan : Kegiatan mencatat transaksi penjualan
kredit, wesel dan angsuran) (Terlampir)
c.
Pembelajaran Remedial danPengayaan:
§ Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
§ Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar peserta didik sudah mencapai KKB, tetapi peserta didik belum puas
dengan hasil belajar yang dicapai.
Mengetahui
Kepala SMK ...................
|
............................., ................... 2017
Guru Mata Pelajaran,
|
Lampiran
1
KISI-KISI
DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan
Pendidikan : SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian : SEMUA
KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester : XI /3
Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No
SoaL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOAL
PENGETAHUAN
Persamaan dan Fungsi Kuadrat
1. Selesaikan
x2 – 4 x + 3 = 0
2. Tentukan
himpunan penyelesaian dari (x – 2)2 = x – 2.
3. Tentukan
penyelesaian dari 2 x2 + 7 x + 6 = 0.
4. Tentukan
himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
5. Tentukan
penyelesaian dari 2 x2 – 8 x + 7 = 0.
6. Tentukan
himpunan penyelesaian dari x2 + 7x – 30 = 0.
7. Tanpa
menyelesaikan persamaan lebih dahulu, tentukan jenis-jenis akar persamaan
kuadrat berikut:
8. Akar-akar
x2 – 3x + 4 = 0 adalah x1 dan x2.
Dengan tanpa menyelesaikan persamaan tersebut, hitunglah nilai: Jawab:
(x – x1) (x – x2) = 0
KUNCI
JAWABAN
1. Jawab:
x2 – 4 x + 3 = 0
(x – 3) (x – 1) = 0
x – 3 = 0
atau x – 1 = 0
x = 3
atau x = 1
Jadi, penyelesaian dari x2 –
4 x + 3 = 0 adalah 3 dan 1.
2. Jawab:
(x – 2)2 = x – 2
x2 – 4 x + 4
= x – 2
x2 – 5 x + 6 = 0
(x – 3) (x – 2) = 0
x – 3 = 0 atau x
– 2 = 0
x = 3
atau x = 2
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {3 , 2}.
3. Tentukan
penyelesaian dari 2 x2 + 7 x + 6 = 0.
Jawab: 2 x2
+ 7 x + 6 = 0
2 x2 + 4 x + 3 x
+ 6 = 0
2 x (x + 2) + 3 (x +
2) = 0
(x + 2) (2 x + 3) = 0
x +2 = 0
atau 2 x + 3 = 0
x = –2
atau x = –
1
Jadi, penyelesaiannya adalah –2 dan –1.
4. Tentukan
himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab: x2 – 6 x
+ 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 =
0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2 atau x – 3 =
–2
x = 5
atau x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
5. Tentukan
penyelesaian dari 2 x2 – 8 x + 7 = 0.
Jawab: 2 x2 – 8 x
+ 7 = 0
2 x2 – 8 x + 8 – 1
= 0
2 x2 – 8 x + 8 = 1
2 (x2 – 4 x + 4) =
1
2 (x – 2)2 = 1
(x – 2)2 = ½
x – 2 = atau x
– 2 = –
x = 2 + Ö2 atau x
= 2 –Ö2
Jadi, penyelesaiannya adalah 2 + Ö2
dan 2 – Ö2.
6. Tentukan
himpunan penyelesaian dari x2 + 7x – 30 = 0.
Jawab: x2 + 7x
– 30 = 0
a = 1 , b =
7 , c = – 30
x = 3 atau x
= –10
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {–10 , 3}.
4.
Tanpa menyelesaikan persamaan lebih dahulu,
tentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berikut:
x2
+ 5 x + 2 = 0
x2
– 10 x + 25 =
0
3 x2
– 4 x + 2 = 0
Jawab :- x2 + 5 x + 2 = 0
D = b2 – 4ac = 52 – 4 . 1 . 2 = 25 – 8 = 17
Ternyata D > 0. Jadi, persamaan x2 + 5 x + 2 = 0 mempunyai dua akar real berlainan.
- x2 – 10 x + 25 = 0
D = b2 – 4ac = (-10)2 – 4 . 1 . 25 = 100 – 100 = 0
Karena D = 0, maka persamaan x2 – 10 x + 25 = 0 mempunyai dua akar real sama.
- 3 x2 – 4 x + 2 = 0
D = b2 – 4ac = (-4)2 – 4 . 3 . 2 = 16 – 24 = – 8
Ternyata bahwa D < 0. Jadi, persamaan 3 x2 – 4 x + 2 = 0 tidak mempunyai akar real.
Contoh:
Akar-akar x2 – 3x + 4 = 0 adalah x1 dan x2. Dengan tanpa menyelesaikan persamaan tersebut, hitunglah nilai:
- x1 + x2 d.
- x1.x2 e. x13 + x23
- x12 + x22
a. x1 + x2 = 3
b. x1.x2 = 4
c. x12 + x22 = x12 + x22 + 2 x1.x2 – 2 x1.x2
= (x1 + x2)2 – 2 x1 x2 = 2 (-3)2 – 2 . 4 = 1
e. (x1 + x2)3 = x13 + 3 x12 x2 + 3 x1 x22 + x23
= x13 + 3 x1 x2 (x1 + x2) + x23
x13 + x23 = (x1 + x2)3 – 3 x1 x2 (x1 + x2)
= 33 – 3 . 4 (3)
= 27 – 36 = –9
xi2 – x1x2 + x22 = 5.
(x – x1) (x – x2) = 0.
Lampiran
2
KISI-KISI
DAN SOAL KETRAMPILAN
Satuan
Pendidikan : SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian : SEMUA
KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester : XI /3
Mata Pelajaran : Matematika
KISI-KISI
DAN SOAL KETRAMPILAN
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No
Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
SOAL
KETRAMPILAN
Rubrik Penilaian Pengamatan Praktik :
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Ketepatan
waktu
|
1. dikerjakan lebih cepat dari teman-teman
2.
dikerjakan tepat waktu
3.
dikerjakan sedikit terlambat
4.
dikerjakan sangat terlambat
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
2
|
Kebenaran
konsep
|
9. Konsep dijawab dengan benar
10.
Konsep
dijawab ada yang salah
11.
Konsep
dijawab setengah salah
12.
Konsep
dijawab banyak yang salah
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
3
|
Teknik
penyampaian
|
1.
Teknik
penyampaianya sangat baik
2.
Teknik
penyampaian baik
3.
Teknik
penyampaiannya cukup
4.
Teknik
penyampainnya buruk
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
4
|
Cara
menjawab pertanyaan siswa lain
|
1.
Menjawab
dengan sangat baik
2.
Menjawab
dengan baik
3.
Menjawab
cengan cukup baik
4.
Menjawab
dengan buruk
|
1-4
1-4
1-4
1-4
|
Lampiran 4
Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
Peserta didik/ Kelompok
|
Komunikatif
|
Kerjasama
|
Kreatif
|
Kritis
|
Nilai
Akhir (Modus)
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1.
|
AISAH AMINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
ALIMAH HASNA LINATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
ANGGUN
MIA AGUSTIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
ASNIA DARIYATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ASRI MAULINDA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
DINA ROSIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
FENI MUJIATIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
FITRI SUNIATUN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
IKA
NURHIDAYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
NDRI ISTIANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
ISMI WIDIYANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
LINDA TRI KURNIATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
MAHARANI SABRINA PUTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
NARA PUTRI ANGGARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
NIA SEPTIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
NITA
KURNIASIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
NURFADILAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
PIPIN SETEFANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
PRIHATINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
RIANAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
RINITA MELINDA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
RUSMINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
SA'ADAH NISA'UN AFIYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
SARYATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
SEKAR SEPTIANINGTYAS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
SRI ROSIDAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
TIA ANGGIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
TRI GIATNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
TRIANA DEWI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
TRISKA WATI NINGRUM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
WIDI FUNGKIANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
YANTI PRASETIA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
YANTI PRASETIA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
YULIANA UMI MARHAMAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A = jika empat indikator terlihat.
B = jika tiga indikator terlihat.
C = jika dua indikator terlihat
D = jika satu indikator terlihat
IndikatorPenilaianSikap:
Komunikatif
a.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien
b.
Menyampaikan
pesan dengan baik
c.
Penggunaan
bahasa yang secara sosial dapat diterima dan memadai
d.
Berkomunikasi yang tidakmenyinggungperasaan orang lain
Kerjasama
a. Membantu teman lain yang
mengalami kesulitan
b. Memberikan kontribusi pemikiran
c. Mengajak teman lain untuk
melakukan tugas secara bersama
d. Berbagi bersama dalam menangani
permasalahan
Kreatif
1.
Memiliki
rasa ingin tahu yang tinggi
2.
Berwawasan masa depan dan penuh imajinasi
3.
Mampu memproduksi gagasan-gagasan baru
4.
Mampu
menemukan masalah dan mampu memecahkannya.
Kritis
a.
Menanyakan
dan menjawab pertanyaan
b.
Mencari cara-cara yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah-masalah
c.
Berusaha mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sumber lain
d.
Berpikir
terbuka, yaitu berbicara secara kongkret.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai
akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang : apabila memperoleh nilai akhir 1
Lampiran 5
PROGRAM REMIDIAL
KISI-KISI
DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian : SEMUA
KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester : XI /3
Mata Pelajaran : Matematika
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
Rencana Ulangan Remidi :
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang tidak dikuasai
|
Bentuk
Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Nomor
Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
|
Nilai
Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas
Individu
|
||||||
2.
|
Diberikan Tugas khusus
|
||||||
3.
|
Keterangan :
Ø Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2
nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya
: Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator
3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
Ø Pada kolom ( 7 ), nilai yang
diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya
dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai
batas ketuntasan.
Bentuk Pelaksanaan
Pembelajaran Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan secara
khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan
dalam penguasaan KD tertentu.
b.
Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment)
secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu
dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi
pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara
penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan
rangkuman yang sederhana, dll.)
c.
Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program
remedial
a. Program remedial diberikan hanya
pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti
tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik pelaksanaan
penugasan/pembelajaran remedial:
Ø Penugasan individu diakhiri
dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial
maksimal 20%.
Ø Penugasan kelompok diakhiri
dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti
remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri
dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti
remedi lebih dari 50 %.
Lampiran 6
PROGRA
Lampiran 1
KISI-KISI
DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan
Pendidikan : SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian : SEMUA
KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester : XI /3
Mata Pelajaran : Matematika
M
PENGAYAAN
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
1.
|
|
||
2.
|
|||
Dst
……………..
|
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat ditempuh:
a.
Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang
bertujuan memperluas wawasan
b. Pemberian tugas untuk mengerjakan soal-soal pada soal Lomba
Ketrampilan Siswa
c. Memberikan soal-soal latihan tambahan yang
bersifat pengayaan
d. Membantu guru dalam membimbing teman-temannya
yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program
pengayaan
a. Materi
Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator yang
dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa
pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan
program pengayaan adalah:
Ø Setelah mengikuti tes/ulangan KD
tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
Ø
Pada saat pembelajaran dimana
siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani
dengan program pengayaa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar