Rabu, 31 Juli 2019

RPP FUNGSI KOMPOSIT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


A.   Identitas Program Pendidikan, meliputi:

Nama Sekolah            : SMK YPE SAMPANG
Mata Pelajaran           : MATEAMTIKA
Kompetensi Keahlian   :  SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas / Semester        : XI / 1
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu           : 12 X 45 menit (6 pertemuan)

B.    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
       Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)



3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi Dasar
3. KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
4. KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi


4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1) Indikator Pencapaian Kompetensi pengetahuan
1.        Menjelaskan pengertian fungsi komposisi
2.        Menentukan bentuk fungsi komposisi
3.        Menghitung operasi fungsi komposisi
4.        Menghitung jumlah dua fungsi komposisi
5.        Menentukan perkalian dua fungsi komposisi
6.        Menghitung pembagian dua fungsi komposisi
7. Menentukan bentuk fungi asal
2) Indikator Pencapaian Kompetensi Ketrampilan
1.        Mempresentasikan hasil dari menentukan bentuk fungsi komposisi
2.        Mempresentasikan hasil dari Menghitung operasi fungsi komposisi
3.        Mempresentasikan hasil dari Menghitung jumlah dua fungsi komposisi
4.        Mempresentasikan hasil dari Menentukan perkalian dua fungsi komposisi
5.        Mempresentasikan hasil dari Menghitung pembagian dua fungsi komposisi


D.    Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian fungsi komposisi dengan tegas, jelas dan benar
2.    Menentukan bentuk fungsi komposisi dengan teliti dan benar
3.    Menghitung operasi fungsi komposisi dengan teliti dan benar
4.    Menghitung jumlah dua fungsi komposisidengan teliti dan benar
5.    Menentukan perkalian dua fungsi komposisidengan teliti dan benar
6.    Menghitung pembagian dua fungsi komposisidengan teliti dan benar
7.      Menentukan bentuk fungsi asaldengan teliti dan benar
8.     Mempresentasikan hasil dari menentukan bentuk fungsi komposisidengan teliti dan benar
9.       Mempresentasikan hasil dari Menghitung operasi fungsi komposisi dengan teliti dan benar
10.    Mempresentasikan hasil dari Menghitung jumlah dua fungsi komposisidengan teliti dan benar
11.    Mempresentasikan hasil dari Menentukan perkalian dua fungsi komposisidengan teliti dan benar
12.    Mempresentasikan hasil dari Menghitung pembagian dua fungsi komposisidengan teliti dan benar

E.    Materi Pembelajaran
1.   Bentuk umum fungsi linier adalah
F(x) ax + b
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah
F9x) = ax2  + bx + c
2.   Contoh  fungsi misalnya f(x ) = 2x + 3
3.   Jika f(x) = 2x + 3 tentukan domain jika kodomainnya A( 2, 3 )
F(2) = 2.2 + 3 = 7
F(3) = 2.3. + 3 = 9
Jadi kodomainnya adalah 7 dan 8

4.   Contoh fungsi g(x ) = 4x – 2

5.   G(x ) = 2x + 5 adalah salah satu contoh fungsi

6.   Jika g(x) = 4x – 2 tentukan kodomainnya jika daerah domainnya 2, 3

g(2) = 4.2. – 2 = 6
g(3) = 4.3 – 2 = 10
jadi daerah kodomainnya adalah 6 dan 10

7.   Fungsi komposit adalah fungsi bertingkat. Yang dimaksud dengan f o g adalah fungsi yang memetakan setiap x dari fungsi f ke g
8.   Jika diketahui f(x) = 2x + 3 dan g(x) = 4x – 2 maka
F o g = 2(4x-2) + 3
= 8x – 4 + 3
= 8x – 1

9.   G o f
4(2x -2) – 2
= 8x -8 – 2
= 8x – 10

 

10.              F( g ) = 2x2 + x + 1 dan g(x) = 2x + 2 tentukan  fog
2(2x-2)2 + 2x + 2 + 1
= 2( 4x2 – 8x + 4) + 2x + 3
= 8x2 – 16x + 8 + 2x + 3
= 8x2 -14x + 11

11.            Tentukan g o f dari soal nomor 10
2( 2x2 + x + 1 ) + 2
= 4x2 + 2 x + 2 + 2
= 4x2 + 2x = 4

12.             Jika terdapat f(x) maka yang dimaksud dengan fungsi invers dari f(x) adalah f’(x)
13.             Jika f(x) = 2x + 3 maka fungsi invers dari f(x) adalah
Y = 2x + 3
-2x = 3 – y
-X = ½ ( 3-y)
X = ½ ( y – 3 )
 Atau
Y = 2x + 3
Y – 3 = 2x
2x = y – 3
X = ½ ( y-2)

14.             F(x) = x + 3 tentukan fungsi inversnya
Jawaban
Y = x + 3
X+ 3 = y
X = y - 3


F.    Pendekatan, Strategi dan Metode
       Pendekatan                          :      Scientific
       Strategi/Model                    :      Problem Based Learning
       Metode                                :      diskusi, menggali informasi, tanya jawab, presentasi

G.   Alat/bahan dan Media Pembelajaran
       1. Alat/bahan                     : Komputer, LCD
       2. Media Pembelajaran       :      Power Point, Handout
       3. Sumber Belajar
-      Buku paket Matematika SMA/MASMK/MAK  Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
-      Brosing internet


H.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi mendefinsikan pengertian fungsi komposisi menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi

KEGIATAN PENUTUP

1.     Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi yang telah dipelajari.
2.     Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi

3.     Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi
4.     Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menghitung jumlahan dan pengurangan dua fungsi

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit



       Pertemuan ke-2
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi

3.       Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi
4.       Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menghitung hasil kali dan hasil bagi dua fungsi

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit

Pertemuan ke-3
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi mendefinsikan pengertian fungsi komposisi menghitung komposisi dua fungsi linier
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menghitung komposisi dua fungsi linier, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier

KEGIATAN PENUTUP

1.   Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier yang telah dipelajari.
2.   Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menghitung komposisi dua fungsi linier

3.   Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menghitung komposisi dua fungsi linier
4.   Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit

Pertemuan ke-4
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi mendefinsikan pengertian fungsi komposisi menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
3.       Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
4.       Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menghitung komposisi dua fungsi linier dan kuadrat
5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit


Pertemuan ke-5
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi mendefinsikan pengertian fungsi komposisi menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat

KEGIATAN PENUTUP

1.       Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat

3.       Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat
4.       Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menghitung komposisi dua fungsi kuadrat dan kuadrat

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit

Pertemuan ke-6
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.   Membaca literasi selain materi pelajaran (Pelaksanaan GLS selama 15 Menit)
3.   Mengkondisikan peserta didik
4.   Menyampaikan konpetensi dasar yanga akan dicapai
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
7.   Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
8.   Melakukan pre-test
10 menit
KEGITAN INTI

Pemberian stimulus terhadap siswa
MENGAMATI
-   Guru memilih bahan bacaan tentang sub kopetensi mendefinsikan pengertian fungsi komposisi Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi
-   Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari bacaan sendiri ataupun dengan teman
-   Guru meminta kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian guru menganjurkan kepada peserta didik untuk memberi tanda sebanyak mungkin

70 menit
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
MENANYA
-       Guru meminta kepada siswa untuk menanyakan konsep-konsep yang belum diketahui atau ingin diketahui lebihlanjut dan guru menjawabnya
-   Dengan dibimbing guru, peserta didik diminta untuk berdiskusi agar mendapatkan klarifikasi tentang Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi
-   Guru membimbing siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami sebanyak mungkin
Mengembangkan solusi melalui identifikasi alternatif-alternatif, tukar pikiran dan mengecek perbedaan pandangan
MENGEKSPLORASI
-      Peserta didik berdiskusi antar teman sekelompoknya untuk mencoba (Experimenting) dan mengaitkan (Networking) antar konsep dalam pembelajaran. Peserta didik yang lebih memahami akan  menjelaskan keanggota yang lain sampai semua anggota dalam kelompok mengerti tentang materi definisi Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi, jenis-jenis matrikis, unsur-unsur matrikis



MENCOBA
-      Peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus yang diberikan di kelompoknya dengan menggunakan berbagai sumber. Saat diskusi kelompok peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru untuk dapat kerjasama dan toleransi untuk melakukan tugas diskusi kelompok
-      Peserta didik menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang materi
Mengevaluasi
-       Setiap siswa memberikan pendapat masukkan tanya jawab selama proses diskusi
-   Siswa menjelaskan/memprsentasikan hasil diskusi dengan berkelompok dalam bentuk tulisan tentang Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi
-       Masing-masing kelompok mempresentasikan jawaban permasalahan yang telah disusun kelompoknya

MENYIMPULKAN
-   Siswa menyimpulkan materi tentang Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi

KEGIATAN PENUTUP

1.    Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi yang telah dipelajari.
2.    Guru memberikan konfirmasi, refleksi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi

3.    Guru melakukan evaluasi (Post Test) atas materi Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi
4.    Guru memberikan tugas terstruktur untuk mencari artikel di internet tentang Menentukan salah satu fungsi dari fungsi komposisi

5.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya
6.     Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.
10 Menit


I.     Penilaian Pembelajaran
a.   Teknik : Non Test dan Test
b.   Bentuk :
-          Penilaian pengetahuan    : Tes tertulis uraian (Terlampir )
-          Penilaian keterampilan   : Kegiatan mencatat transaksi penjualan kredit, wesel dan angsuran) (Terlampir)
c.   Pembelajaran Remedial danPengayaan:
§  Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
§  Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKB, tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.



Mengetahui
Kepala SMK ...................




............................., ...................  2017
Guru Mata Pelajaran,







      

Lampiran 1
KISI-KISI DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan                 :    SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian                    :    SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian                  :    SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian             :    SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester                      :    XI /3
Mata Pelajaran                       :    Matematika           

Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No SoaL












SOAL PENGETAHUAN 
Jawablah  pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1.     Jika f(x) = 2x + 3 tentukan kodomannya jika domainnya ( 3 dan 5 ) kemudian nyatakan dengan menggunakan :
a.     Diagram panah
b.     Menentukan himpunan anggota berurutan
2.     Jika g(x) = -5x +2 tentukan kodomannya jika domainnya adalah ( 5 dan 9 ) kemudian nyatakan dengan menggunakan :
c.      Diagram panah
d.     Pasangan berurutan
3.     Jika f(x) = 3x + 2 dan g(x) = 5x – 3 tentukan
e.     F o g
f.       G o f

4.     Jika f(x) = 2x2 + x – 2 dan g(x) = -x + 3x + 4 tentukan
g.      F o g
h.     G o f
5.     Jika memenuhi tentukan fungsi invers dari f(x) = ½ x – 4






















Lampiran 2
KISI-KISI DAN SOAL KETRAMPILAN
Satuan Pendidikan                 :    SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian                    :    SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian                  :    SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian             :    SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester                      :    XI /3
Mata Pelajaran                       :    Matematika           


KISI-KISI DAN SOAL KETRAMPILAN

Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal






















SOAL KETRAMPILAN
      Rubrik Penilaian Pengamatan Praktik :
No.
Aspek Yang Dinilai
Indikator
Skor
1
Ketepatan waktu
1.  dikerjakan lebih cepat dari teman-teman
2. dikerjakan tepat waktu
3. dikerjakan sedikit terlambat
4. dikerjakan sangat terlambat
1-4

1-4
1-4
1-4
2
Kebenaran konsep
1. Konsep dijawab dengan benar
2. Konsep dijawab ada yang salah
3. Konsep dijawab setengah salah
4. Konsep dijawab banyak yang salah
1-4
1-4
1-4
1-4
3
Teknik penyampaian
1.   Teknik penyampaianya sangat baik
2.   Teknik penyampaian baik
3.   Teknik penyampaiannya cukup
4.   Teknik penyampainnya buruk
1-4

1-4
1-4
1-4
4
Cara menjawab pertanyaan siswa lain
1.    Menjawab dengan sangat baik
2.    Menjawab dengan baik
3.    Menjawab cengan cukup baik
4.    Menjawab dengan buruk
1-4
1-4
1-4
1-4


Lampiran 4
Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Peserta didik/ Kelompok
Komunikatif
Kerjasama
Kreatif
Kritis
Nilai Akhir (Modus)
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.
AISAH AMINI

















2.
ALIMAH HASNA LINATI

















3.
ANGGUN MIA AGUSTIN

















4.
ASNIA DARIYATI

















5
ASRI MAULINDA

















6
DINA ROSIANI

















7
FENI MUJIATIN

















8
FITRI SUNIATUN

















9
IKA NURHIDAYAH

















10
NDRI ISTIANA

















11
ISMI WIDIYANTI

















12
LINDA TRI KURNIATI

















13
MAHARANI SABRINA PUTRI

















14
NARA PUTRI ANGGARI

















15
NIA SEPTIANI

















16
NITA KURNIASIH

















17
NURFADILAH

















18
PIPIN SETEFANI

















19
PRIHATINI

















20
RIANAWATI

















21
RINITA MELINDA

















22
RUSMINI

















23
SA'ADAH NISA'UN AFIYAH

















24
SARYATI

















25
SEKAR SEPTIANINGTYAS

















26
SRI ROSIDAH

















27
TIA ANGGIANI

















28
TRI GIATNAWATI

















29
TRIANA DEWI

















30
TRISKA WATI NINGRUM

















31
WIDI FUNGKIANA

















32
YANTI PRASETIA SARI

















33
YANTI PRASETIA SARI

















34
YULIANA UMI MARHAMAH



















Keterangan:
A  =   jika empat indikator terlihat.
B  =   jika tiga indikator terlihat.
C  =   jika dua indikator terlihat
D  =   jika satu indikator terlihat
IndikatorPenilaianSikap:
Komunikatif
a.        Berkomunikasi secara efektif dan efisien
b.       Menyampaikan pesan dengan baik
c.        Penggunaan bahasa yang secara sosial dapat diterima dan memadai
d.       Berkomunikasi yang tidakmenyinggungperasaan orang lain
Kerjasama
a.     Membantu teman lain yang mengalami kesulitan
b.     Memberikan kontribusi pemikiran
c.     Mengajak teman lain untuk melakukan tugas secara bersama
d.     Berbagi bersama dalam menangani permasalahan
Kreatif
1.       Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
2.       Berwawasan masa depan dan penuh imajinasi
3.       Mampu memproduksi gagasan-gagasan baru
4.       Mampu menemukan masalah dan mampu memecahkannya.
Kritis
a.        Menanyakan dan menjawab pertanyaan
b.       Mencari cara-cara yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah-masalah
c.        Berusaha mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sumber lain
d.       Berpikir terbuka, yaitu berbicara secara kongkret.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik       : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                 : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup              : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang             : apabila memperoleh nilai akhir 1

Lampiran 5
PROGRAM REMIDIAL
KISI-KISI DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan                 :    SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian                    :    SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian                  :    SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian             :    SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester                      :    XI /3
Mata Pelajaran                       :    Matematika           

Indikator Pencapaian Kompetensi:

Rencana Ulangan Remidi   :    
No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
2.
Diberikan Tugas khusus
3.
Keterangan :
Ø  Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                            Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
Ø   Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan.
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.       Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
 Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a.       Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.       Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c.        Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
Ø  Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
Ø  Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.





Lampiran 6
PROGRA Lampiran 1
KISI-KISI DAN SOAL PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan                 :    SMK YPE SAMPANG
Bidang Keahlian                    :    SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Program Keahlian                  :    SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
KompetensiKeahlian             :    SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Kelas/Semester                      :    XI /3
Mata Pelajaran                       :    Matematika           
M PENGAYAAN

Indikator Pencapaian Kompetensi:

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.

2.
Dst ……………..

Pelaksanaan Program Pengayaan
1.  Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan
b.     Pemberian tugas untuk mengerjakan soal-soal pada soal Lomba Ketrampilan Siswa
c.      Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.     Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2.  Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
Ø  Setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
Ø  Pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaa







Tidak ada komentar:

Posting Komentar